//
you're reading...
Academic Manuscript (popular and non popular)

Jangan Pernah Merasa Inferior Untuk Menjadi Generasi Baby Booming

Indonesia merupakan sebuah negeri indah yang kaya dengan berbagai hal. Mulai sumber daya alam yang melimpah, hingga sumber daya manusia yang tidak ada batasnya. Sering kita dengar lirik lagu “orang bilang tanah kita tanah surga, ranting dan batupun bisa jadi tanaman” apakah lirik tesebut masih berlaku? Tentu saja jawabnya tidak. Sumber daya alam yang terbatas berbanding terbalik dengan sumber daya manusia yang tak terbatas. Bayangkan saja, tingkat pertumbuhan penduduk pertahun bisa mencapai 4% setahun. Tentu saja sangat bertentangan dan tidak sebanding dengan angka kematian yang hanya sebesar 2% pertahun. Ditambah lagi banyak cadangan sumber daya alam mulai menitipis dan terkikis akibat aksi eksploitasi besar-besaran.

Seyogyanya sumber daya manusia yang berlimpah ini dapat dikelola dengan optimal. Setiap tahun selalu saja ada anak-anak yang lahir dan nantinya akan menjadi cikal bakal generasi  penerus bangsa. Tentu kita tidak dapat menekan laju pertumbuhan ini begitu saja, karena program yang digalangkan pemerintah belum sepenuhnya tepat sasaran. “dua anak cukup” itulah semboyan yang dimunculkan pemerintah. Tapi apa hasilnya? Indonesia tetap saja menjadi produsen manusia terbesar di dunia dengan membayangi posisi Cina dan India.

Laju pertumbuhan penduduk yang tinggi tidak dibarengi dengan tingkat pendapatan yang meningkat. Sebaliknya inflasi meningkat diluar batas kewajaran. Harga barang kebutuhan pokok merangkak naik, minyak bersubsidi mulai dikurangi dengan dalih menghemat pengeluaran negara yang terancam defisit anggaran. Akhirnya siapa yang merugi? Jawabnya “rakyat”. Sedangkan para pejabat? Ongkang-ongkang kaki dan sibuk berkelahi di meja dewan demi memperebutkan simpati rakyat sambil memoles rasa egoistis dan materialisme dengan janji-janji palsu yang dibalut semangat moral yang bernada reliigius.

Peran pemerintah sangat berarti untuk menciptakan situasi dan suasana yang kondusif. Maka itu pemerintah wajib turut serta mencerdaskan dan memakmurkan rakyatnya. Bukan hanya mensejahterakan pejabatnya dengan membuat kebijakan-kebijakan baru yang dapat melukai hati rakyat. Contoh saja, dana apresiasi sebesar 15 M per kepala. Mau dikemanakan uang sebanyak itu bung? Apa ingin membuat peluang yang dapat memunculkan Gayus baru? Lalu apa yang dapat kita lakukan? Sebagai seorang mahasiswa, tentunya kita sadar. Bahwa tujuan kita hidup bukan hanya untuk menjalaninya. Tetapi bagaimana cara kita mejalani serta menata kembali sistem yang selama ini hanya menjadi sebuah lingkaran setan.

Sebagai calon penerus bangsa, mahasiswa dituntut untuk dapat berperan aktif dalam meningkatkan kapasitas diri. Sebagai manusia, tidak cukup hanya dengan cerdas secara iantelektual belaka, tapi kita butuh mental yang kuat dilandasi dengan emosional dan spiritual question yang tidak biasa. Maukah kita hanya menjadi seorang yang biasa-biasa saja? Itu yang menjadi pertanyaan kita bersama. Jangan pernah merasa inferior untuk menjadi generasi baby booming. Karena hal itu telah menjadi  kewajiban kita untuk menempa diri agar memiliki nilai jual dizaman global ini.

Advertisements

About bertousman

Many people say that to be different is exclusive, it is in line with what my friend had already said to me "Form is temporary, but Class is permanent". I absolutely agree with this one.

Discussion

2 thoughts on “Jangan Pernah Merasa Inferior Untuk Menjadi Generasi Baby Booming

  1. mantab2, berto berbakat jadi penulis..

    Posted by putra | May 16, 2011, 1:19 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 53,450 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 7 other followers

Calendar

May 2011
M T W T F S S
    Jun »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Twitter Updates

Archives

Danny Machal

Podcast fiction from a writer on the road to being published.

bertousman

Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

Bani Bayu

sekedar tulisan ringan, sebagai pelepas resah di hati

Belajar Menulis

Ketika Ibu-Ibu Iyik Sok Asik Ngeblog

rifyal dahlawy chalil

Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

About Me

Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

Belajar Metoda Penelitian

Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

Triya Andriyani

Sedikit Bercerita

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: