//
you're reading...
Matrikulasi dan teman2 baruku

MATRIKULASI & TEMAN2 BARUKU

Cerita ini diambil dari sebuah kisah nyata. Pada saat seluruh  teman-teman seperjuanganku yang baru saja menanggalkan seragam putih abu-abunya untuk beralih keseragam bebas demi memasuki sebuah dunia baru diperguruan tinggi negeri. Hari baru yang terasa begitu berbeda dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Inilah langkah baru membuka jalur menuju cita-cita. Cerita ini akan terus bersambung dan berjalan seiring waktu hingga tiada satupun lagi anggota kelas Manajemen 2007 A yang tersisa dikampus hijau! Karena cerita ini memang dibuat untuk mengingat kembali perjuangan kita semasa kuliah dibangku perguruan tinggi.


MATRIKULASI & TEMAN2 BARUKU

15 Agustus 2006. Pagi yang cerah dengan sinar terang mulai membuka cakrawala baru di rawa makmur merpati 16 RT 06 no 53 Kota Bengkulu. Gila aja,,, itu hari pertama buat seluruh anak-anak SMA se-indonesia mulai dari Aceh, Sumatra utara, Sumatra barat, Jambi, Lampung, Muara enim, Jawa barat, sampai anak-anak SMA yang baru tamat dari Curup, Linggau, Kaur, Manna, Kembang sri,, tak terkecuali seluruh pelosok Bengkulu sampai rawa makmur permai tempatku sekarang tinggal. Hari spesial itu adalah Hari pertama aku untuk berbaur dengan teman-teman baru dari berbagai daerah setelah aku selesai menamatkan 3 tahun sekolah menengah pertama di SMA negeri 2 Bengkulu.

Semua pelajar yang dinyatakan diterima melalui jalur penelusuran prestasi akademik (PPA) diminta untuk berkumpul disebuah gedung yang disebut dengan gedung C. Pemberitahuan itu aku dapatkan dari sekolah seminggu setelah registrasi tahap awal untuk masuk ke universitas. Beda sekali rasanya sekolah di SMA sama Di perguruan tinggi. Gedung belajarnya besar-besar, tidak sama ketika masih dibangku sekolah dulu,, hehehe

Treng.. jam 08.00. Hari pertama disuruh kumpul aja banyak yang datang telat,, tapi untung aku g’ telat datang,, seorang calon manager harus tepat waktu! Waktu menunjukan pukul 08.15. seluruh muka-muka baru dari berbagai penjuru tengah berdatangan ke area gedung. Masih banyak juga yang tanya sana sini,, maaf mas, maaf kak, maaf bang, maaf mbak, gedung C dimana yah..??? walah,, ni orang g’ liat apa da pada rame gini.. ya disinilah gedung C! Maklum ketika itu masih banyak yang baru datang ke Bengkulu yang notabene dari luar daerah.

Mix udah bunyi-bunyi tuh,, kaya kicauan burung Beo keselek biji salak. semua peserta diminta panitia masuk keruangan. Kami semua duduk lesehan tanpa alas sehelaipun. Pembukaan acara dilakukan oleh pembantu rektor bidang kemahasiswaan universitas Bengkulu. Aku duduk dibelakang dengan seorang teman yang sudah kukenal sejak SMA. Namanya Adi. Kebetulan dia anak jurusan Studi pembangunan, waktu SMA kita suka berangkat sekolah bareng satu angkot. Dia SMA 5 aku di SMA 2. karena belum punya teman di prodi manajemen ya aku gabung sama anak dari prodi SP.sebenarnya ada sih 2 orang yang kemaren 1 SMA. Tia dan Wiwit. Tapi kita kurang akrab jadi belum tau benar satu sama laen. Kecuali si wiwit. Aku udah kenal dia dari SMP.

Dari belakang aku melihat seorang laki-laki bercelana dasar coklat dengan baju kaos berkerah ungu,, hadoh,, ni orang muter-muter mulu dari depan kebalakang trus kedepan lagi. Haha dia masih baru, maklum dari Muara enim hehe. Trus ada saipul (resident of muko-muko), potongan rambut cepak kaya tentara masuk hutan yang takut di incar peluru,, jadi bisa dikatakan potongan rambutnya saat itu hampir mirip sama batok helm kelapa hehehe (jangan marah ya pul..)

Materi hari itu dimulai dari pengenalan situasi kampus secara gamblang yang dibuka oleh bapak moderator (lupa namanya siapa red). Trus disusul dengan materi kemahaiswaan oleh bapak Pembantu rektor 3. Suasana di dalam gedung udah mulai rame, semua berdesak-desakan + kenal-kenalan satu sama lain. aku g’banyak tw siapa aja yang aku lihat dihari pertama pada saat pertama kalinya anak-anak manajemen 2007 A berkumpul. Tapi cerita yang lebih seru akan segera dimulai pada minggu selanjutnya. Yaitu pada saat  acara penyerahan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan matrikulasi. Kegiatan ini semacam kegiatan khusus yang ditujuan untuk seluruh mahasiswa baru. Tujannya Agar semua mahasiswa lebih mengenal kehidupan kampus lebih dahulu dibandingkan dengan mahasiswa lain yang diterima melalui jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

Pagi yang cerah kembali bersinar. uNtung g’ hujan yah.. haha jadi bisa aman kekampus. Waktu hari pertama masuk sekolah yang baru (kampus) aku liat cewe,, tapi biasa ajah,, kan ntar banyak juga yang laen pikirku dalam hati. Cewe ini lucu dan akan muncul dicerita selanjutnya. Aku uda Sampai digedung S fakultas ekonomi tepat pukul 8 g’ pakai telat tuh.. hehe. Anehnya tak sengaja aku Ketemu sama mahasiswa baru  dari manna. Perawakan rapi, plus rambut yang mirip model + bintang hollywood terkenal, “Brad pitt” ketika maen di film mr and mrs smith.. hehehe lebay ganteng  amat sama brad pitt… hahaha.

Bowo.. itulah namanya,, kental sekali bahasa manna mu itu bowo.. seruku dalam hati. Masih pakai sajau-sajau dan nidau nidau. Selain bowo ada teman lain yang belum kuketahui siapa dia.. hehehe ada Novaria (belum tau kalau nantinya dia suka bgt ngomog biz dia lum punya temen baru) hehehe kasihan kasihan kasihan Nova hehehe (versi upin&ipin) , lalu ada Een, trus cika,, baru itu  yang datang dari prodi Manajemen, sisanya dari Akuntansi dan Studi Pembangunan. Mungkin pada telat bangun atau emag g’tau kalau mereka semua da resmi jadi mahasiswa. Emang dasar budaya telat suka susah ilang..!!! Selang beberapa saat setelah aku turun dari motor dan mengunci cakram, aku dikejutkan oleh seorang laki-laki yang diantar oleh seorang laki-laki juga.. (g’ tau siapa,) hehehe itu dia si Bambang yang ketika itu belum menjabat sebagai  bupati Benteng karena emang belum pemekaran wilayah bung..!!! hahaha

Brum… motor karisma lewat dengan plat motor yang uda ketahuan kalau dari curup.. helm J-King hitam dengan kaca film tak tembus pandang melaju santai kehalaman gedung S. siapakan gerangan dirinya?? Kita masih bertanya-tanya perihal kedatangan laki-laki misterus yang suatu saat akan memproduksi sebuah komik independen karya enterpreneur in action ini????

Kemudian tiba seorang laki-laki dengan postur badan gendut mengendarai sebuah jupiter MX merah,, gila spion-nya  dia berdo’a,, kaya minta selamat dari tangkapan pak POL hahaha. Baru aku tau kalau namanya Andri. Wong linggau. Dia jadi teman keduaku setelah resmi berkenalan dengan Bowo di prodi manajemen yang nanti semua urusan buat OSPEK bakalan kami kerjakan bersama dikamarku, (bersambung…)

Advertisements

About bertousman

Many people say that to be different is exclusive, it is in line with what my friend had already said to me "Form is temporary, but Class is permanent". I absolutely agree with this one.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 42,973 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 7 other followers

Calendar

May 2011
M T W T F S S
    Jun »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Twitter Updates

Archives

Top Clicks

  • None
Danny Machal

Podcast fiction from a writer on the road to being published.

bertousman

Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

bayu sindhu raharja's blog

sekedar tulisan ringan, sebagai pelepas gundah dan resah di hati

Belajar Menulis

Ketika Ibu-Ibu Iyik Sok Asik Ngeblog

rifyal dahlawy chalil

Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

About Me

Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

Belajar Metoda Penelitian

Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

Triya Andriyani

Sedikit Bercerita

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: