//
you're reading...
Matrikulasi dan teman2 baruku

(part 2) Matrikulasi dan Teman2 Baru

Mangga adalah nama sejenis buah. Mangga termasuk kedalam marga Mangifera yang terdiri dari 35-40 anggota, dan suku Anacardisceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica. Nama buah ini berasal dari Malayam mangga. Buah ini telah meyebar ke Asia tenggara semenjak 1500 tahun silam. Tanaman ini tumbuh baik didaerah tropis maupun subtropis. Sepanjang perjalanan, aku selalu berfikir,, kenapa UNIB ini lebih terlihat seperti hutan daripada sebuah kampus?. Disana sini terlihat pohon beringin yang menambah suasana mistis bila kita berada dikampus pada waktu malam hari. Tidak hanya beringin tetapi juga pohon akasia, pohon palem, pohon lantung, dan juga tumbuhan-tumbuhan merambat lainnya selalu bisa dengan mudah dijumpai didalam kompleks kampus. Lalu ada apa dengan pohon mangga? Ceritanya ada pada TEDI.

Dedaunan hijau mulai melengkapi suasana alam yang tentu saja benar-benar fresh. Disaat mentari sudah mulai mendaki keatas, seluruh mahasiswa mulai berdatangan menuju gedung S. Seluruh kendaraan termasuk Motor dan mobil tersusun rapi dihalaman depan gedung  yang pada saat itu masih benar-benar seperti Rimba. Bagaimana tidak, didepannya ada tebingan yang cukup terjal yang dikelilingi oleh pohon bambu. Lagi pula lokasi gedung ini tidak terlalu startegis karena berada disebelah barat. Gedung ini merupakan sebuah gedung khusus yang disebut dengan DEKANAT Fakultas Ekonomi.

20 Agustus 2007. Hiruk pikuk aktifitas kampus telah dimulai. Satu persatu karyawan beserta civitas akademika  berdatangan untuk mengurus keperluan masing-masing. Ada yang ingin melegalisir ijazah, minta tanda tangan dosen, bimbingan, hingga mengurus beasiswa. Tetapi pikiranku tidak hanya tertuju untuk memperhatikan seluruh keperluan orang-orang yang tak kukenal itu. Tak perlu pikir panjang, pokoknya saat itu kampus tidak benar-benar ramai dikarenakan sebagian besar mahasiswa tengah mengikuti KKN dan Semester pendek.

Cerita berlanjut ketika semua mahasiswa baru dari ketiga jurusan telah berkumpul di dilantai 2 gedung dekanat. Tiap orang berbaris berdasarkan saf masing-masing dari tiap jurusan yang ditempuhnya. Saat itu ada tiga kelompok besar yaitu barisan Akuntanssi yang didalangi oleh DEDI datuk,  jurusan Manajemen yang belum punya kepala suku, dan Studi pembangunan yang anggotanya masih terlihat lugu-lugu.. hehehe (maaf ya teman-teman di SP..)

Raut Muka-muka polos tanpa dosa masih terlihat jelas pada saat aku memperhatikan seluruh mahasiswa  yang nantinya akan jadi temanku. Dinda, seorang mahasiswi yang memiliki postur tubuh agak kecil. Tapi dia terlihat feminim dengan stelan rok hitam dipadu kemeja putih yang ukuranya terlihat pas dengan tubuhnya yang mungil. Novayana, mahasiswi yang berasal dari Lampung ini masih terlihat bingung karena dia memang benar-benar  belum bisa beradaptasi  dihari pertama Matrikulasi. Cika, seorang putri pagar alam yang bahasa daerahnya sulit kumengerti. Betapa tidak, apa sih artinya KAGEK itu? Belakangan aku tahu kalau artinya adalah nanti. Hehehe

Seorang mahasiswi berjilbab mendatangi barisan. Aku tidak tahu apakah dia terlambat atau datang belakangan. Mungkin aja telat yah,, hehehe nama mahasiswi yang kumaksud itu adalah Ari. Ada yang aneh pada saat aku melihat daftar anggota kelas, ”Ari Pahlevi” mungkin dia pemain bola berbakat yang bisa diajak berteman. Halah,,,, ternyata belakangan ketahuan bahwa pemilik nama Ari pahlevi itu adalah seorang cewe berjilbab yang g’ ngerti Bola. Hahaha (maaf yah ri)

Seluruh anggota hampir lengkap setelah seorang pemuda menandatangani daftar hadir terakhir. Yuda, itulah mahasiswa baru dengan potongan rambut yang pendek kira-kira 3-4cm. Yuda adalah calon politikus dan aktivis kampus. Pada awalnya belum terlihat ada tanda-tanda bahwa pemuda ini akan menjadi seorang organisatoris. Mengapa?? Karena hobinya hampir sama dengan kami,, yaitu nongkrong dulu dengan menghisap rokok Malboro sebatang.. (hahahaha mano tuh yudd)

Kelompok manajemen sudah absen semua? Tanya panitia. Tak lama setelah semua mahasiswa menandatangani daftar hadir, tibalah seorang pemuda berpakaian hitam putih dengan sepatu kets putih mendekat kearah kami. “benar ini Matrikulasi ekonomi”? dimana  mahasiswa baru untuk jurusan manajemen”? ujar pemuda itu. Aku jawab saja “iyo, disikolah”. Pemuda itu agak terlihat canggung karena dia datang terlambat. Dia agak pendiam. Sekali bicara maka akan keluarlah kata-kata bahasa indonesia yang baik dan benar dari mulutnya. Tentu saja berdasarkan kaedah bahasa yang berlaku.  Aku hampir tertawa pada saat dia mengobrol denganku. Walah ni orang.. pasti orang padang ujarku dalam hati. Aku benar-benar tahu dari logat daerah yang begitu kental karena aku juga orang padang haha.

Ssssssttttt….ssssstttt dosen datang..!!!  pada saat yang bersamaan, moderator mulai angkat bicara. Seluruh barisan siap! Teriaknya. Dari arah belakang muncul tiga orang laki-laki dewasa yang berprofesi sebagai dosen dari tiga jurusan berbeda. Mereka adalah kepala jurusan dari akutansi, manajemen, dan Studi pembangunan.

Bapak Sugeng SE, Msi. Seorang dosen yang terkenal dekat dengan mahasiswa. Beliau merupakan ketua jurusan manajemen dan sekaligus Dosen pertama yang kami temui dihari pertama masuk kuliah (matrikulasi). Aku benar-benar terkejut karena beliau sangat ramah terhadap seluruh mahasiswanya. Setiap kelompok diinstruksikan untuk mengikuti ketua jurusan masing masing untuk menuju ke gedung prodi. (bersambung)

Advertisements

About bertousman

Many people say that to be different is exclusive, it is in line with what my friend had already said to me "Form is temporary, but Class is permanent". I absolutely agree with this one.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 47,547 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 7 other followers

Calendar

May 2011
M T W T F S S
    Jun »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Twitter Updates

Archives

Danny Machal

Podcast fiction from a writer on the road to being published.

bertousman

Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

Bani Bayu

sekedar tulisan ringan, sebagai pelepas resah di hati

Belajar Menulis

Ketika Ibu-Ibu Iyik Sok Asik Ngeblog

rifyal dahlawy chalil

Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

About Me

Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

Belajar Metoda Penelitian

Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

Triya Andriyani

Sedikit Bercerita

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: