//
you're reading...
Matrikulasi dan teman2 baruku

(part 3) MATRIKULASI DAN TEMAN2 BARUKU

Universitas Bengkulu (UNIB) didirikan pada tahun 1982. Universitas ini memiliki 7 fakultas di tambah dengan satu fakultas baru yang dikhususkan untuk mencetak calon-calon dokter. UNIB terdiri dari fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, fakultas Hukum, fakultas Ekonomi, fakultas Ilmu Sosial dan Politik, fakultas Pertanian, fakultas Matematika dan MIPA, fakultas Teknik dan terakhir fakultas pendidikan Kedokteran. Universitas Bengkulu merupakan satu-satunya perguruan tinggi negeri yang berada di provinsi Bengkulu diantara banyaknya universitas-universitas swasta seperti DEHASEN, UNIHAZ dan lain sebagainya.

Fakultas Ekonomi sendiri terdiri dari tiga jurusan utama yaitu jurusan Akuntansi, Manajemen, dan Studi Pembangunan. Fakultas ini memiliki tiga gedung jurusan yaitu gedung K untuk jurusan Akuntansi, gedung L untuk jurusan Manajemen dan gedung S (SDBCL) untuk jurusan Studi Pembangunan yang masih bergabung menjadi satu dengan gedung dekanat.

Kami mahasiswa yang diterima melalui jalur penerimaan penelusuran prestasi akademik (PPA) termasuk beruntung karena tidak harus berjibaku dengan soal-soal SPMB yang membingungkan. Selain itu kami di tuntut untuk dapat mengembangkan diri sebaik  mungkin karena telah memasuki era baru di perguruan tinggi. Gedung L adalah jejak napak tilas awal perjalan 24 orang mahasiswa yang bisa dikatakan beruntung dapat menghuni kelas manajemen A tanpa susah payah menjalani seleksi penerimaan mahasiswa baru dari jalur SPMB.

Ceritapun berlanjut. kami melanjutkan perjalanan dari gedung dekanat menuju gedung  L dengan dipandu oleh ketua jurusan yang nantinya diketahui sebagai dosen konsentrasi MSDM yang mengajar mata kuliah Sistem Informasi Manajemen (SIM). Jarak tempuh dari gedung S (dekanat) ke gedung L tidaklah jauh. Kira-kira hanya berjarak sekitar 300 meter. Tepat didepan pintu masuk jurusan, kami telah ditunggu oleh seorang  pria dewasa  berkumis tebal dengan stelan celana dasar dan baju kemeja. Siapakah dia….?

Paulus kananlua SE. Msi. Itulah nama bapak yang telah menyambut kedatangan kami di gedung jurusan  manajemen. Beliau terlihat sama ramahnya dengan pak Sugeng. Saat itu pak Paulus menjabat sebagai Sekertaris jurusan Manajemen dan belum menjabat sebagai ASDIR I Program Pascasarjana Magister Manajemen pada saat cerita ini di tulis. Beliau sempat menyampaikan beberapa patah kata pada kami sebagai ucapan selamat datang karena telah menjadi bagian dari jurusan manajemen. selanjutnya kami diserahkan kembali kepada pak Sugeng.

Disela-sela pembicaraan, sekilas ketua jurusan memberitahukan apa saja yang akan kami lakukan dalam menjalankan aktifitas di perguruan tinggi. Beliau meminta kami untuk mengikuti semacam pelatihan bahasa inggris yang disebut dengan pelatihan TOEFL. Hal ini diwajibkan karena seorang mahasiswa tidak akan dapat menjalani prosesi Wisuda bila belum melengkapi syarat wajib untuk lulus perguruan tinggi, yaitu melampirkan sertifikat TOEFL dengan skor minimal 500. Kami diminta untuk datang ke UPT BI guna mendapatkan informasi lebih lanjut untuk mendapatkan pelatihan tersebut.

Aktivitas hari ini berakhir setelah kami semua mencari tahu tentang informasi pelatihan TOEFL. Ternyata hampir seluruh anggota kelas mengikuti program ini kecuali Rahmat eka putra dan beberapa rekan lainnya. Sebelumnya kami melakukan placement test untuk mengetahui kemampuan individual dari masing-masing mahasiswa. nantinya kami akan menjalani program ini selama 3 bulan.

Hari Rabu pukul 14.00 adalah kelas perdana  kami belajar sebagai mahasiswa. Seluruh anggota kelas diwajibkan untuk mengikuti matrikulasi di gedung L lantai dua.  Teman-teman telah mulai  berdatangan dan Semua mahasiswa masih diharuskan untuk menggunakan seragam putih hitam selama mengikuti program matrikulasi. Dosen pertama yang memberi materi adalah bapak Ferry Tema Atmaja SE.Msi. beliau banyak bercerita tentang materi yang akan diajarkan pada kami yaitu tentang mata kuliah pengantar bisnis.

Waktu menunjukan Pukul  14.15. tiba saatnya bagi  kami untuk lebih mengenal satu sama lain. Dosen meminta agar tiap-tiap orang memperkenalkan dirinya masing-masing. Mulai dari nama, asal sekolah, alamat, dan cita-cita. Proses pengenalan dimulai dari Ratih farelya dan kemudia disusul oleh Yennery Hernitha. Yennery adalah seorang mahasiswi yang berasa dari kota Bengkulu. sebelumnya Dia bersekolah di SMAN 4. Dan seingatku cita-citanya adalah menjadi seorang karyawati Bank. (maaf en kalau salah hehe) Yennery yang nantinya lebih familiar dengan panggilan Een ini lebih suka duduk disudut-sudut. Hal ini terbukti pada saat mengikuti  perkuliah digedung L, pasti dia selalu duduk di sudut meja yang bentuknya seperti leter L. haha

Lalu ada Rikha aditya Wardani. Seorang mahasiswi yang telah kukenal sejak SMA. Kami mulai akrab semenjak Ujian Akhir Nasional (UAN) dilaksanakan serentak diseluruh penjuru negeri. Maklum, si Rikha suka nyontek padaku saat mengerjakan  soal-sola ujian. hahahaha (just kidding euy) pada awalnya Rikha hanya punya satu orang teman saja yaitu Dwita. mengapa? Karena dia belum bersosialisasi, lalu ada kebiasaan jelek yang dimilikinya yaitu suka mencubit  temannya dengan sekuat tenaga hingga dapat menyebabkan tangan korbannya  merah-merah. hal Itulah yang membuatku harus berfikir dua kali bila ingin menarik rambutnya dari belakang, bisa-bisa tanganku merah semua hahaha…

Lalu ada Nadia, seorang mahasiswi yang datang dari….. (besambung)

Advertisements

About bertousman

Many people say that to be different is exclusive, it is in line with what my friend had already said to me "Form is temporary, but Class is permanent". I absolutely agree with this one.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 45,371 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 7 other followers

Calendar

May 2011
M T W T F S S
    Jun »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Twitter Updates

Archives

Top Clicks

  • None
Danny Machal

Podcast fiction from a writer on the road to being published.

bertousman

Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

bayu sindhu raharja's blog

sekedar tulisan ringan, sebagai pelepas gundah dan resah di hati

Belajar Menulis

Ketika Ibu-Ibu Iyik Sok Asik Ngeblog

rifyal dahlawy chalil

Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

About Me

Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

Belajar Metoda Penelitian

Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

Triya Andriyani

Sedikit Bercerita

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: