//
you're reading...
Academic Manuscript (popular and non popular)

Perspektif Baru Dalam Productivity, Sustainability Concept, SVC, SCA, SDP, Value Added Process Dan Keterkaitannya Pada Manajemen Operasi Dan Inovasi

Perspektif Baru Dalam Productivity, Sustainability Concept, SVC, SCA, SDP,

Value Added Process Dan Keterkaitannya Pada

Manajemen  Operasi Dan Inovasi

Oleh:

Berto Usman

Produktifitas bersinonim dengan banyak kata, Diantaranya bersinonim dengan kata-kata seperti daya produksi, kapasitas produksi, kesuburan, fertilitas dan juga inventitas. Bila dilihat dari akar katanya, produktifitas (productivity) berasal dari bahasa inggris (produce) yang artinya menghasilkan. Dalam cakupan manajemen operasi dan inovasi, produktifitas dapat dimaknai sebagai proses pencapaian nilai yang dilakukan seseorang ataupun organisasi, dimana pemanfaatan input dilakukan secara efisien dan efektif. lalu diproses sehingga menjadi output baik berupa barang atau jasa. Dalam kegiatan menghasilkan output ini, dilakukan penambahan nilai pada input berupa value added process, sehinga output yang tercipta diharapkan dapat menghasilkan outcome.

Menurut 1Anoraga dan Suyati, (1995:119-121) produktivitas mengandung pengertian yang berkenaan dengan konsep ekonomis, filosofis dan sistem. Sebagai konsep ekonomis, produktivitas berkenaan dengan usaha atau kegiatan manusia untuk menghasilkan barang atau jasa yang berguna untuk pemenuhan kebutuhan manusia dan masyarakat pada umumnya. Sebagai konsep filosofis, produktivitas mengandung pandangan hidup dan sikap mental yang selalu berusaha untuk meningkatkan mutu kehidupan dimana keadaan hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan mutu kehidupan hari esok harus lebih baik dari hari ini. Hal inilah yang memberi dorongan untuk berusaha dan mengembangkan diri. Sedangkan konsep sistem, memberikan pedoman pemikiran bahwa dalam pencapaian suatu tujuan harus ada kerja sama atau keterpaduan dari unsur-unsur yang relevan sebagai sistem.

Kegiatan produksi yang berhasil selalu dikaitkan dengan aktivitas  operasi dan inovasi. Keberhasilan proses produksi terkait langsung dengan konsep keberlangsungan (Sustainability), baik itu keberlangsungan penciptaan nilai (Sustainable Value Creation), keberlangsungan keunggulan kompetitif (Sustainable Competitive Advantage) dan keberlangsungan pengembangan program (Sustainable Development Program). seluruh konsep keberlangsungan sangat erat kaitannya dengan proses produksi dalam sebuah prusahaan. sebagai contoh, kita bisa mengulas starbucks guna mendapakan asosiasi dalam penerapan konsep produkstifitas.

Starbucks merupakan salah satu perusahaan yang berhasil menerapkan konsep keberlangsungan dalam sistem manajemen operasi dan inovasi organisasinya.  2Howard Shculzt adalah CEO sukses yang membawa Starbucks menjadi sebuah perusahaan global yang menerapkan konsep Sustainability. Pada awalnya, Starbucks hanyalah sebuah perusahaan kecil di Seatlle yang bergerak sebagai pengecer kopi. Walupun demikian, Schulzt mempunyai visi membuat Strabucks menjadi sebuah perusahaan nasional yang akan menawarkan romantika seni italia (Dalam meracik Expresso). Dengan Schulzt  sebagai CEOnya, perlahan tapi pasti pada tahun 1987 bisnis Starbucks bertumbuh dari satu usaha lokal menjadi suatu usaha berskala nasional yang mempunyai 1.300 toko serta 25.000 pegawai. Penjualan dan keuntungan Starbucks juga telah tumbuh lebih dari 50% selama enam tahun terakhir. Sahamnya selalu naik sepuluh kali lipat sejak tahun 1992.

Lebih dari manajer biasa, Schulzt mengaplikasikan  sistem Multilevel Operation dalam proses penciptaan nilai tambah pada komoditas kopi. Input yang didapat dari para petani kopi diproses melalui berbagai macam perlakuan. Biji kopi kembali diolah menjadi bubuk kopi. Bubuk kopi dipilih beradasarkan jenis dan kualitas untuk diproses menjadi berbagai macam hasil akhir berupa minuman kopi yang dihidangkan pada saat anda menikmati suasana dan service yang bisa anda dapat di gerai Starbucks. Schulzt telah membuktikan bahwa Value added prosess pada Output akan sangat menguntungkan. Output dan Outcome yang didapat dari proses multilevel operation ini ternyata mampu memberikan Feed back berupa Income bagi perusahaan yang dipimpinnya.

Pada kegiatan manajemen operasi dan inovasi, konsep keberlangsungan Penciptaan nilai (Sustainable Value Creation) selalu memperhatikan pada aspek pegefisiensian proses produksi dalam pemakaian ilmu dan teknologi. Saat ini, secara simultan terjadi revolusi tentang bagaimana membentuk kembali struktur dasar kegiatan produksi dalam proses penciptaan nilai. Dengan adanya keberlanjutan penciptaan nilai, maka perusahaan diharuskan menemukan sumber keunggulan kompetitive baru, inovasi dan nilai  dari lingkungan yang terintegrasi. Tentu saja dengan mempertimbangkannya kedalam strategi bisnis, produk dan proses 3(Rowledge:1999:1).

Dengan adanya penciptaan nilai yang berkesinambungan pada lingkungan sumber daya yang terintegrasi, maka Keberlangsungan SCA dapat dikaitkan dengan teori optimalisasi yang nantinya memiliki pengaruh terhadap keberlangsungan SDP (Sustainable Development Program) ataupun circulation economic. Salah satu bentuk dari teori optimalisasi adalah teori Antrian. Teori ini pertama kali diciptakan dan dikembangkan oleh A. K. Erlang seorang ahli matematika dari Denmark pada tahun 1909. Teori ini merupakan satu cabang dari management science yang menyangkut fenomena dalam hal konsumen atau pelanggan menunggu untuk mendapatkan jasa layanan, karakteristik dan struktur model antrian dan sebagainya. Ketika konsumen menunggu untuk mendapatkan jasa, Sistem antrian memegang peranan penting dan disinilah peran sistem antrian untuk menyelesaikannya (Anonim:2011). Sebagai contoh, Penggunaan sistem antrian ini sangat membantu dalam melancarkan pelayanan kepada pemakai atau pelanggan, seperti Starbuck yang mengaplikasikan teori ini sebagai salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi. dengan matangnya SCA, maka perusahaan dapat melakukan optimalisasi dalam keberlajutan keunggulan kompetitif dan meneruskannya pada proses pengembangan program.

Sudah saatnya, tiap perusahaan mampu untuk melihat lebih jauh tentang pentingnya keberlanjutan proses serta melakukan pengembangan tidak hanya berorientasi pada produk (R&D), tetapi juga mencoba menggali lebih dalam dari sisi konsumen dan lingkungan produksi yang terintegrasi. Kemampuan perusahaan dalam mengoptimalkan nilai baik dari segi keunggulan kompetitif, penciptaan nilai dan pengembangan program sangat menentukan arah dan masa  depan perusahaan. Adanya kuantifikasi sumber daya yang baik pada kegiatan produksi, turut menciptakan  keefisiensian terhadap output. Dengan output ini, maka akan didapatkan outcome yang menghasilkan feed back berupa income guna menjaga keberlangsungan perusahaan.

Process = Supplier  →  I  →  P  →  O2  Costumer

1  Dikutip dari DIKTAT kuliah perancangan sistem kerja dan ergonomi. Oleh Ir. Linda Theresia MT 2004 pp,1,

2  Schulzt  CEO Starbucks sejak tahun 1987-2000. Artikel Diambil dari majaleh FORTUNE 29 September 1977 dalam kolom

Smart Managing, hlm. 141-144oleh Howar Schulzt.

3  Lorinda R Rowledge. Ph.D penulis artikel Knowledge Management for Sustainable Value Creation. EKOS International.

Advertisements

About bertousman

Many people say that to be different is exclusive, it is in line with what my friend had already said to me "Form is temporary, but Class is permanent". I absolutely agree with this one.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 45,371 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 7 other followers

Calendar

May 2011
M T W T F S S
    Jun »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Twitter Updates

Archives

Top Clicks

  • None
Danny Machal

Podcast fiction from a writer on the road to being published.

bertousman

Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

bayu sindhu raharja's blog

sekedar tulisan ringan, sebagai pelepas gundah dan resah di hati

Belajar Menulis

Ketika Ibu-Ibu Iyik Sok Asik Ngeblog

rifyal dahlawy chalil

Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

About Me

Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

Belajar Metoda Penelitian

Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

Triya Andriyani

Sedikit Bercerita

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: