//
you're reading...
Academic Manuscript (popular and non popular)

Analisa Faktor Demografi Lingkungan Pemasaran

TUGAS MATA KULIAH

Manajemen Pemasaran

Analisa Faktor Demografi Lingkungan Pemasaran

 

Oleh :

Berto Usman

NIM: 001/IV-3/20103

PROGRAM MSI DAN DOKTORAL

FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS

UNIVERSITAS GAJAH MADA

JL. Nusantara, Bulaksumur, Yogyakarta 55281

YOGYAKARTA-INDONESIA

1. Latar Belakang

Dalam kurun waktu sepuluh tahun tahun terakhir ini, beberapa fenomena menarik dapat kita amati baik di bidang sosial, ekonomi, budaya maupun politik. Dari fenomena yang ada itu, perlu di amati bahwa perubahan yang terjadi pada bidang-bidang tersebut mempunyai implikasi kebijakan bagi aktifitas dunia bisnis. Sebagai contoh, keberhasilan pemerintah Indonesia dalam mengendalikan jumlah penduduk melalui program keluarga berencana, dalam banyak hal sangat mempengaruhi pola kegiatan masyarakat tidak hanya terbatas pada bidang ekonomi saja, tapi juga pada bisang-bidang lainnya yang terkait.

Analisis lingkungan eksternal mencakup pemahaman berbagai faktor di luar perusahaan yang mengarah pada munculnya kesempatan bisnis (Opportunities) atau bahkan ancaman (Threats) bagi perusahaan. di dalam analisis lingkungan ekstern juga berupaya untuk memilah permasalahan global yang dihadapi perusahaan kedalam bentuk yang lebih rinci untuk menemukan bentuk, fungsi, dan keterkaitan antar bagian. bagi pengembangan strategi pemasaran, analisis ini dibutuhkan tidak hanya terbatas pada rincian analisis kesempatan dan ancaman saja, tetapi juga untuk menentukan darimana dan untuk apa hasil analisis itu digunakan. Dengan kata lain, manajer pemasaran membutuhkan diagnosis lebih lanjut atas hasil analisis lingkungan eksternal.

Faktor demografi adalah salah satu dari sekian banyak faktor eksternal dari lingkungan pemasaran. Tren Demografi yang terbentuk sangat andal digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan jangka pendek dan menengah. Ada masalah bagi perusahaan yang tiba-tiba terkejut karena perkembangan demografi. kekuatan demografi utama yang selalu dipantau Marketer adalah populasi, Karena orang membentuk pasar. Para marketer benar-benar tertarik pada besarnya jumlah penduduk dan angka pertumbuhan penduduk di kota, bauran umur populasi, etnis dan pasar lain, kelompok pendidikan, pola rumah tangga, pergeseran geografis dan populasi.

2. Pembahasan

Demografi adalah uraian tentang penduduk, terutama tentang kelahiran, perkawinan, kematian, dan migrasi. Demografi meliputi studi ilmiah tentang jumlah, persebaran geografis, komposisi penduduk, serta bagaimana faktor-faktor ini berubah. Tabel berikut membahas peluang apa saja yang dapat dimasuki dan ancaman apa saja yang harus di waspadai oleh marketer dan perusahaan.

Tabel 1. Peluang (Opportunities) dan Ancaman (Threats) Faktor Demografi.

No

Peluang (Opportunities)

Ancaman (Threats)

1 Pertumbuhan populasi dunia
  • Tercipta pasar baru yang menunggu untuk dimasuki oleh produk-produk baru. Dengan meningkatnya jumlah populasi penduduk, maka sebagian besar populasi menyadari pentingnya pola hidup sehat yang mengutamakan konsep back to nature sehingga bisnis jamu akan mampu membidik segmen pasar yang menginginkan kesehatan secara alami.
  • Dengan adanya pertumbuhan penduduk maka akan bertambah pula kebutuhan akan barang dan jasa untuk mendukung kebutuhan hidup, maka perusahaan akan memproduksi lebih banyak barang konsumsi seperti makanan cepat saji yang harganya terjangkau. Hal ini dapat dilihat dengan pesatnya pertumbuhan gerai-gerai makanan cepat saji di setiap pusat ibukota sehingga gerai yang bersifat franchise ini cocok di kembangkan di daerah lain yang memiliki jumlah penduduk banyak.
  • Meningkatnya populasi dunia seperti di Cina dan Amerika dimanfaatkan marketer untuk memasarkan produk berupa buku, majalah dan teknologi yang dipusatkan pada segmen kaum terpelajar.
  • Meningkatnya populasi dunia dapat menjadi peluang bagi industri farmasi dan kedokteran dengan menciptakan produk kesehatan.
  • Pertumbuhan populasi dunia akan berdampak pada daya beli masyarakat, sehingga produsen perbankan dapat menargetkan segmen pasar berdasarkan daya beli dan juga keadaan keuangan. Dengan jumlah populasi yang memiliki keadaan finansial yang baik, maka akan membuat masyarakat ingin menabung atau bahkan berinvestasi pada portofolio investasi.
  • Perusahaan penyedia gadget memanfaatkan pertumbuhan populasi dunia dengan membidik jumlah kaum terpelajar yang melek teknologi dengan melakukan promosi gadget terbaru untuk meningkatkan permintaan terhadap produk seperti promosi samsung galaxy, blackberry dan tablet pc yang marak didistribusikan di kota-kota besar.
  • Populasi yang tinggi memiliki tingkat pendapatan yang berbeda-beda, dengan pendapatan yang berbeda-beda ini maka akan mempengaruhi tingkat konsumsi dan gaya hidup individu. dengan gaya hidup mewah dan tingkat kesukaan atas konsumsi barang cepat saji atau makanan berkolesterol tinggi akan menyebabkan konsumen mengalami gangguan kesehatan. Sehingga bisnis pelayanan kesehatan menjadi bisnis yang potensial jika dilihat dari jumlah konsumen potensial yang besar.
    • Ada Kompetitor yang melihat peluang yang sama terhadap pertumbuhan populasi dunia.
    • Terbatasnya sumber daya bumi yang tersedia untuk mendukung kehidupan populasi dunia yang meningkat pesat. Terutama sumber daya yang tidak dapat dipengaruhi seperti migas.
    • Bertambahnya polusi karena semakin banyak jumlah populasi yang melakukan konsumsi terhadap barang yang menghasilkan polusi seperti pembelian kendaraan.
    • Meningkatnya populasi akan berdampak pada jumlah angka dan tingkat pengangguran, sehingga daya beli masyarakat yang rendah menjadi masalah bagi perekonomian suatu negara.
    • Tingginya tingkat pengangguran sebagai dampak pertumbuhan populasi dunia akan meningkatkan rasio kriminalitas dan dapat mengancam keamanan perusahaan.
    2 Bauran umur populasi
    • Ada celah baru untuk melakukan penetrasi pasar terhadap segmen tertentu seperti segmen balita antara umur 1-6 tahun (usia prasekolah). Jika marketer jeli maka bisa mengembangkan bisnis pakaian anak-anak dengan memanfaatkan bauran umur anak-anak yang selalu berubah setiap waktu sehingga selalu membutuhan produk baru setiap anak-anak memasuki fase umur tertentu.
    • Peluang dapat muncul dari segmen anak muda, dima Fad dari segi berpakain selalu berubah dari waktu-kewaktu. Perubahan mode berpakain ini akan membuat perusahaan apparel selalu berinovasi untuk membidik kelompok usia muda yang senang mengikuti perkembangan dunia fashion.
    • Marketer dapat memasuki segmen pasar usia tertentu untuk menciptakan prduk yang cocok seperti industri show business dengan cara melaksanakan konser musik seperti java jazz festival, Jakjazz untuk segmen usia 40-64 tahun, log zhelebour, Live & Rockin’ (musik rock) untuk segmen usia 20-40 tahun.
    • Dengan adanya kelompok usia, marketerberpeluang membidik segmen manula dengan memasarkan produk kursi roda yang dapat dijual secara masal ke panti jompo maupun di jual per unit.
        • Untuk industri show businessyang membidik remaja dengan rentang usia 20-40 tahun, maka yang menajdi ancaman adalah warning travelling yang ditetapkan pada suatu negara. Warning travelling menjadi ancaman apabila promotor acara berencana untuk mendatangkan aktris dai luar negeri (Asing). Sehingga dengan adanya peringatan ini maka bukan tidak mungkin sebuah acara yang nantinya akan dipenuhi remaja seperti konser Justin Bieber akan di tunda. Apabila acara besar seperti ini di tunda, maka akan sangat besar kerugian yang akan dialami promotor acara.
      3 Etnis dan pasar lain
      • Adanya keseragaman bangsa, ras, dan etnis dalam suatu wilayah, maka akan mempermudah marketer untuk melakukan riset dan penetrasi pasar. Sehingga kebutuhan dan kebiasaan belanja suatu bangsa akan dapat di generalisir sehingga perusahaan akan mampu mengarahkan produk & promosi mereka pada satu atau lebih kelompok tersebut.
      • Masyarakat indonesia yang memiliki orientasi ketimuran (eastern oriented)dan keberagaman sumber daya alam, sudah terbiasa dengan pengobatan tradisional yang dari dulu telah diterapkan nenek moyang. peluang yang dapat dikembangkan marketer adalah membuat produk jamu yang telah sesuai degan budaya ketimuran Indonesia.
        • Dengan adanya percampuran bangsa & etnis pada suatu wilayah akan membuat marketer susah untuk menentukan segmen mana yang akan dimasuki. karena adanya ancaman berupa keberagaman bangsa dan etnis membuat marketer harus berupaya keras untuk menggeneralisir budaya dari suatu tepat. Hal ini bisa saja menjadi sangat susah atau bahkan mustahil.
        4 Kelompok pendidikan
        • Perusahaan yang menyadari bahwa keberhasilan perusahaan dalam mencapai keuntungan tidak hanya di ukur dari aspek penjualan, tetapi lebih disebabkan oleh kemampua SDM yang berkualitas, sehingga perusahaan yang jeli akan meningkatkan kemampuan karyawannya dengan cara menyekolahkan atau melakukan pelatihan sebagai bentuk investasi ang nantinya akan mendatangkan keuntungan yang lebih besar bagi perusahaan. Bisnis yang cocok untuk mengisi peluang ini adalah pelayanan jasa pengembangan karir dan motivasi bagi karyawan yang biasa dilakukan oleh para motivator.
        • Dengan bertambahnya kelompok pendidikan maka akan berdampak pada meningkatnya permintaa terhadap buku, majalah dan perangkat teknologi.
        • Universitas-universitas terkemuka dapat membidik kelompok pendidikan sebagai konsumen guna mempertahankan dan mengembangkan Brand Image yang telah dimilikiya. Contoh, Universitas gajah Mada membidik kosumen terpelajar Internasional untuk melanjutkan study di UGM dengan memberikan beasiswa atau melakukan kerja sama dengan isntansi-instansi lain.
        • Kelompk pendidikan di Indonesia terbagi atas Tingkat pendidikan SD, SMP, SMA, dan Perguruan tinggi. Untuk siswa SMA yang baru saja lulus dan ingin melanjutkan keperguruan tinggi maka marketer dapat mengarahkan mereka untuk mengikuti program bimbingan belajar untuk lulus SNMPTN.
        • Sebagian besar orang tua ingin anak-anaknya lebih mendalami mata pelajaran. Hal ini membuat  usaha sekolah menjadi belum optimal untuk mendidik murid sehingga bisnis kursus privat dapat menjadi alternatif pengusaan materi.
        • Besarnya jumlah calon mahasiswa yang gagal mengikuti ujian masuk perguruan tinggi negeri ternama dapat dimanfaatkan marketer untuk mengarahkan sebagian calon mahasiswa ke perguruan tinggi swasta.
        • Sebagian besar murid-murid yang akan menghadapi ujian kenaikan kelas membutuhka banyak soal latihan untuk memperdalam kemampuan analitis dalam menjawab soal. Hal ini dapat dimanfaatkan penerbit untuk memproduksi buku-buku latihan soal menjelang ujian nasional.
          • Karyawan yang berkompeten akan selalu berkembang seiring perkembangan karirnya. Hal ini akan membuat karyawan akan selalu berusaha untuk meningkatkan hasil yang ingin di gapainya dan mengaktualisasikan diri dengan cara menjadi kutu loncat (pindah-pindah tempat kerja), sehingga tingkatturnover pada karyawan berprestasi akan menyusahkan perusahaan.
          • Perusahaan lain yang sadar akan pentingnya sumber daya manusia yang berkompeten dibidangnya akan berusaha untuk mencari karyawan baru dengan cara membajak karyawan dari perusahaan lain, sehingga perusahaan harus dapat mengantisipasi adanya kemungkinan pembajakan karyawan ini.
          • Teknologi dapat menjadi ancaman bagi bisnis buku, dimana Tablet pc, laptop,netbook dapat menggantikan posisi kertas sebagai media tulisan. Sehingga penjualan buku secara fisik akan terus menurun seiring waktu. Para kelompok pelajar hanya perlu membayar royalty atas e-book yang di download  sebagai ganti pembayaran atas pembelian buku fisik.
          5 Pola rumah tangga
          • Marketer dapat melihat dan membidik ibu rumah tangga sebagai pengambil keputusan pembelian barang kebutuhan rumah tangga karena marketer melihat peluang dari sisi Eastern oriented dimana peran ibu sangat dominan dalam mengatur keuangan rumah tangga. Dengan adanya keadaan seperti ini, maka marketer memiliki peluang untuk memasarkan lebih banyak produk yang bersinggungan langsung dengan kebutuhan sehari-hari.
          • Kebanyakan orag tua yang bekerja tidak sempat untuk mengelola pekerjaan rumah, sehingga bisnis penyedia jasa pembantu rumah tangga cocok untuk dilakukan dengan membidik segmen keluarga yang berkarir
          • Untuk sebuah keluarga yang sudah memiliki anak akan mengalami kerepotan dalam menjaga buah hati. Bagi orang tua yang bekerja, maka akan megalami kesulitan untuk memantau kegiatan anak setiap saat sehingga usaha penyedia jasa Babby sittercocok untuk dikembangkan pada segmen ini.
            • Kebanyakan ibu rumah tangga sangat peka akan perubahan harga, sehingga preferensi terhadap suatu produk biasanya hanya didasarkankan pada harga dan mutu produk. Apabila terjadi perubahan harga sebesar X, maka akan berdampak pada keputusan belanja keluarga sebesar Y yang diatur oleh ibu rumah tangga. Dalam hal ini, perubahan harga yang dilakukan kompetitor menjadi ancaman bagi preferensi konsumsi rumah tangga.
            • Media televisi dapat menjadi ancaman bagi perusahaan apabila tidk hati-hati dalam menyampaikan berita dan iklan. Dengan adanya isu bakteri e coli yang santer dikomunikasikan ke masyarakat akan menurunkan tingkat pembelian susu bayi yang selama ini dilakukan oleh ibu menyusui.
            6 Pergeseran geografis dalam populasi
            • Perpindahan penduduk dari desa ke kota akan menimbulkan persepsi baru dalam hal kebiasaan belanja. Sehingga kebutuhan seseorang di kota akan meningkat dan berbeda jauh bila dibandingkan dengan kebutuhan di desa. Hal ini menjadi kesempatan bagi marketer untuk menggaet konsumen potensial dari sejumlah populasi yang baru saja mengenal kehidupan kota.
            • Megatren yang sedang terjadi pada populasi dunia adalah memelihara bumi dari proses global warming. Penduduk kota yang ssadar akan pentingnya keadaan geografis lingkungan akan menjadi target baru bagi perusahaan yang menerapkan green marketing pada kosep pemasaran mereka. Produk yang dapat di kembangkan adalah dengan menciptakan produk panel tenaga surya sebagai alternatif energi dan kendaraan Hybrid untuk menekan kerusakan geografis dari sebuah wilayah.
            • Masyarakat yang hidup di kota besar akan menghadapi peluang terkena stress lebih cepat dibandingkan masyarakat yang tinggal di pedesaan. Dengan melihat peluang ini, maka jasa konsultasi psikologi (psikiater) dan jasa hiburan dapat dikembangkan dengan baik.
              • Perpindahan penduduk dari kota ke desa akan menimbulkan perbedaan preferensi akan kebutuhan barang dan jasa. Sehingga tingkat konsumerisme konsumen yang pindah dari kota ke desa akan menurun.
              • Transmigrasi secara besar-besaran akan menyebabkan berkurangnya populasi konsumen yang terbiasa melakukan kegiatan konsumsi barang atau jasa. Hal ini ini bisa berdampak pada industri hiburan.


              3. Kesimpulan

              Perusahaan yang berhasil biasanya mengenali dan menanggapi kebutuhan dan tren yang belum terpenuhi dengan mendapatkan laba dari aktifitas pemasaran yang di lakukan oleh marketer. Perusahaan mendapatkan laba yang sangat besar jika mereka dapat memanfaatkan fenomena yang terjadi dalam faktor demografi dengan baik. Di lain sisi, perusahaan juga harus mampu meminimalisir resiko dan ancaman yang timbul dari faktor demografi.

              Advertisements

              About bertousman

              Many people say that to be different is exclusive, it is in line with what my friend had already said to me "Form is temporary, but Class is permanent". I absolutely agree with this one.

              Discussion

              No comments yet.

              Leave a Reply

              Fill in your details below or click an icon to log in:

              WordPress.com Logo

              You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

              Twitter picture

              You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

              Facebook photo

              You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

              Google+ photo

              You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

              Connecting to %s

              Blog Stats

              • 47,547 hits

              Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

              Join 7 other followers

              Calendar

              June 2011
              M T W T F S S
              « May   Jul »
               12345
              6789101112
              13141516171819
              20212223242526
              27282930  

              Twitter Updates

              Archives

              Danny Machal

              Podcast fiction from a writer on the road to being published.

              bertousman

              Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

              Bani Bayu

              sekedar tulisan ringan, sebagai pelepas resah di hati

              Belajar Menulis

              Ketika Ibu-Ibu Iyik Sok Asik Ngeblog

              rifyal dahlawy chalil

              Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

              About Me

              Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

              Belajar Metoda Penelitian

              Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

              Triya Andriyani

              Sedikit Bercerita

              The WordPress.com Blog

              The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

              %d bloggers like this: