//
you're reading...
Part of Life

The Start of The End

       Kemampuan untuk mengeksplorasi segala hal telah menjadi kebutuhan dasar dari seorang manusia. Semenjak lahir, kita sudah diberi kemampuan untuk dapat menganalisis berbagai macam karakteristik lingkungan, sehingga semua panca indera yang melekat di tubuh dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Kemampuan menganalisis karakteristik tersebut akan selalu berevolusi sesuai dengan terakumulasinya kapabilitas serta pengalaman-pengalaman yang kita peroleh selama menjalani hidup. Proses yang kita lewati terkadang menyisakan sebuah jejak yang nantinya bermetamorfosa sebagai sebuah identitas diri yang  membuat kita semakin konsisten.

     Jejak-jejak yang kita tinggalkan tersebut tidak lebih dan tidak lain menjadi titik awal dari sebuah perjalanan mencari pengetahuan dan pengalaman baru. Mana ada seorang insan yang tidak pernah belajar dari pengalaman? Meskipun mereka berjibaku dengan berbagai hal teoritis, akademis dan praktispun, pasti akan menuntunnya kepada sebuah proses pengembangan pola pikir yang semakin mematangkan diri. Pematangan diri ini sejatinya akan turut serta mengarahkan kita pada sebuah mimpi yang menjadi lokomotif dari sebuah semangat baru.

       Memang benar bila mimpi adalah lokomotif dari masa depan seseorang. Siapa sangka kalau mimpi-mimpi yang selama ini tidak pernah direncanakan dengan pasti akhirnya selesai juga. Tapi tidak berhenti sampai disini, mimpi itu akan terus berevolusi menjadi semakin tinggi dan tinggi. Hal inilah yang menjadi motivasi disetiap langkah-langkahku.

       Tak terasa perjuangan hebat selama belajar di strata dua selesai. Tiga belas bulan lamanya proses pencarian jati diri serta pengembangan ilmu yang dimulai pada 2 mei 2011 berakhir di tanggal 5 juni 2012, yang mana puncak dari perjuangan tersebut telah resmi kulalui pada 25 Juli 2012 kemarin. Tak terbayangkan bila perjuangan bersama teman-temanku ini telah mencapai titik akhir dan selanjutnya telah menunggu titik start baru untuk segera ditempuh. Entah kapan perjuangan berikutnya bersiap untuk menghadangku. Tentu saja, kesiapan mental juga menjadi faktor krusial untuk tetap menatap jauh ke depan.

        Masih terngiang perkataan dari seorang dosen yang sampai saat ini terekam jelas dikepalaku. “hidup itu bagaikan sebuah keris, perlu konsistensi yang tinggi agar sebuah batangan besi dapat berubah menjadi sebuah keris yang indah. Namun demikian, proses menjadi keris tersebut tidaklah dilalui dengan mudah. Diperlukan hentakan keras, panas yang membara dan waktu yang lama agar batangan besi tersebut bertransformasi menjadi sebuah benda yang lebih bernilai daripada sebatang besi. Bila diasosiasikan dengan pribadi masing-masing, memang benar bila hidup itu bukan hanya perjuangan, tapi proses yang dilewati tersebut pasti menempa kita menjadi pribadi yang lebih arif. Tentu saja, setelah berusaha dan berjuang dengan maksimal, kita tetap berserah dengan berdo’a kepada-nya.

       Terima kasih teman-teman, banyak sekali orang-orang hebat yang kutemui disini. Pergaulan, interaksi dan berbagi pengetahuan di lingkungan ini membuatku terus belajar agar dapat menempatkan diri dengan baik. Do’aku, agar kita semua tetap dijaga untuk berada dalam sebuah jalur terbaik, untuk masa depan, untuk hari tua dan untuk anak cucu sekalipun..

                 Terimakasih untuk teman-teman seperjuanganku:

Rifyal Dahlawy Chalil, S.E.I, Anne malau Rumondang, S.E, Tania Rorimpandey, S.E, Anggia Paramitha, S.E, Mega Asri Zona, S.E, Yuli Asbar, S.E, Yuliana Andriani, S.E., S.T, Nofa Eka Pramasintha, S.E, Putri Ekawati Darma, S.E, Epsi Euriga, S.E

Bima Yudhistiar, S.E, Irdha Yusra, S.E,  Fransisca Dyah, S.Sos,  Rizka Hadyah, S.E,  Sandi Kuncorosidi, S.E,  Adi Arta, S.E,  Johadi Satria Wibawa, S.E,  Ary Eko Prastya Putra, S.E,  Annas Chayadi, S.E,  Vidya Purnamasari, S.E, Triya Andriani, S.P.

                Kakak-kakak yang telah banyak membantu dan menjalani seremoni akhir bersamaku:

Umar Faruq Ahmadi, S.E., M.Sc, Loecita Sandiar, S.E., M.Sc,  Bayu Sindhu Raharja, S.E., M.Sc,  Arief prima Johan, S.E., M.Sc,  Ari Gayo, S.E., M.Sc,  Fadlik Febrian, S.E., M.Sc, Karmawan, S.E., M.Sc,  Anthonius H. Citra Wijaya, S.E., M.Sc,  M. Arsyadi Ridha, Nurul Hidayah, S.E., M.Sc,

 

Sungguh kebersamaan dan persaudaraan ini akan tetap terjaga hingga kita semua menjadi orang yang berhasil.

Advertisements

About bertousman

Many people say that to be different is exclusive, it is in line with what my friend had already said to me "Form is temporary, but Class is permanent". I absolutely agree with this one.

Discussion

10 thoughts on “The Start of The End

  1. jangan pernah merasa puas… lebih baik di bodoh2kan sm orang yg pintar daripada di puji2 sama orang bodoh!!! hehehehehehehee

    Posted by ustad_fa | July 29, 2012, 7:24 am
    • Luar biasa bang Faruq… jadi ingat pak BM kalau lagi nguji.. hehe tapi sekarang beliau sudah berubah menjadi pribadi yang sangat bijaksana dan bijaksini =)

      Posted by bertousman | July 29, 2012, 3:58 pm
    • Wee…. Mas Faruq, masih aja konsisten dengan ungkapan itu, hehe…
      Halo mas Berto, akhirnya ketemu juga kita di wordpress. Silahkan berkunjung juga diblog saya, hehe…

      Posted by bayu sindhu raharja | July 31, 2012, 12:47 am
      • Halo juga bg Bayu.. kalau gitu nanti aku sering2 berkunjung ke blog bang Bayu ya, ntr izin alamat blognya bg Bayu tak tautkan ke blogku =)

        Posted by bertousman | July 31, 2012, 11:31 am
  2. Wah aku lupa ngucapin selamat. Selamat atas wisudanya ya Berto dan kakak-kakak yang baru diwisuda tanggal 25 Juli kemarin. Mudah2an kami cepat nyusul. Amiinn..
    Berto, kamu masih di Jogja atau langsung balik ke Bengkulu?

    Posted by Tania Rorimpandey | July 30, 2012, 12:07 pm
  3. Aamiin… makasih ya Tan, semoga kamu dan teman2 yang lain segera menyusul juga dibulan Oktober.
    Sekarang aku masih di YK, tapi hari rabunya aku berangkat ke JKT, setelah itu baru ditentukan apakah langsung pulang ke BKL atau ke YK lagi buat ngurusin barang2 di kosan, hehe

    Posted by bertousman | July 30, 2012, 12:44 pm
    • Bertoooo………………… SELAMAT yaaa…. yu’ar de bes….
      salut sama perjuangan berto.. I Proud of u…. ^_^
      do’akan kita yg masih berjuang ya berto, smoga bisa cepat nyususl berto.
      AMIN….

      Posted by rizkahadya | July 30, 2012, 1:20 pm
      • Makasih Rizka.. Semoga Rizka dan kawan-kawan dapat segera menyelesaikan studi dengan tepat waktu, Aamiin..
        Selamat liburan dan selamat berjuang untuk semester depan =)

        Posted by bertousman | July 30, 2012, 3:45 pm
  4. Silahkan mas berto, hehe

    Posted by bayu sindhu raharja | August 1, 2012, 9:36 pm
  5. Melihat berto..seperti melihat cahaya lampu yang terus menyala, semangat terus berto..semoga sukses.

    Posted by Kuncorosidi | April 19, 2014, 10:48 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 45,371 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 7 other followers

Calendar

July 2012
M T W T F S S
« Jun   Nov »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Twitter Updates

Archives

Top Clicks

  • None
Danny Machal

Podcast fiction from a writer on the road to being published.

bertousman

Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

bayu sindhu raharja's blog

sekedar tulisan ringan, sebagai pelepas gundah dan resah di hati

Belajar Menulis

Ketika Ibu-Ibu Iyik Sok Asik Ngeblog

rifyal dahlawy chalil

Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

About Me

Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

Belajar Metoda Penelitian

Think Big, Dream Big, and Take Big Actions

Triya Andriyani

Sedikit Bercerita

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: